Arti Hukum Bagi Kehidupan Yang Wajib Anda Ketahui

Meskipun kita semua memahami apa hukum itu dan mengapa secara umum adil bahwa undang-undang itu ada untuk melayani dan mengatur perilaku kita di masyarakat, kita jarang berpikir tentang apa arti hukum itu dalam konteks sehari-hari. Apa hukum Joe Average di jalan? Bagaimana hukum mempengaruhi kehidupan kita dari hari ke hari? Memang, apakah hukum merupakan konsep yang jauh yang dengannya kita mengalami kesulitan melaporkan? Dalam artikel ini, kita akan memeriksa beberapa cara mendasar di mana fungsi hukum dalam masyarakat, di samping sifat hukum seperti yang kita kenal.

Bagi sebagian orang, mereka merasa bahwa hukum itu ada hanya untuk melindungi kepentingan mereka dan bahwa mereka tidak memerlukan interaksi sehari-hari. Namun, mereka menganggap bahwa jika saatnya tiba ketika perilaku mereka diragukan, hukum akan ditegakkan, keadilan akan dilakukan dan kehendak rakyat akan terwujud. Ini bisa menjadi interpretasi naif dari fungsi hukum, dan bahkan cara kerjanya dalam kehidupan kita sepanjang hari. 

Misalnya, pada tingkat tertinggi, kami memiliki konstitusi yang menetapkan parameter yang dapat dan tidak harus dilakukan pemerintah untuk melindungi warga negara kami. Ini memiliki dampak signifikan pada cara pemerintah dan negara kita dijalankan, yang memengaruhi semua yang kita lakukan sepanjang hari dan bagaimana kita melakukannya. Bahkan di tingkat lokal, hukum berinteraksi dengan layanan yang kami sediakan, pekerjaan kami berhasil, dan hampir semuanya tentang kehidupan yang kami jalani. Konsep yang jauh? Saya kira tidak.


Undang-undang tidak hanya berlaku di bidang kriminal, tidak terbatas pada masalah konstitusional dan distribusi kekuasaan. Hukum adalah alat yang jauh lebih canggih dalam orkestrasi organisasi sehari-hari masyarakat karena tidak hanya mengatur perilaku pribadi, tetapi juga cara kita bertindak dalam situasi profesional. Ambil contoh tugas harian kereta. Hukum mengatur banyak aspek dari eksploitasi ini: 

(1) hukum pidana dan Konstitusi mengizinkan kita untuk mengambil transportasi umum. 
(2) Konstitusi memungkinkan kita untuk mengadakan kontrak dengan yang lain. 
(3) hukum kontrak memungkinkan kita untuk menyimpulkan kontrak transportasi dengan perusahaan kereta api dan untuk menjamin pelaksanaannya. 
(4) Hukum kontrak dan gugatan memungkinkan kita mengemudi tanpa takut cedera atau narkoba jika yang terburuk terjadi. Akhirnya, undang-undang properti dan uang memungkinkan kita mengembalikan uang untuk layanan ini, yang berharga bagi kontraktor lain. Sebenarnya, hukum mengatur hampir semua yang kita lakukan, dan sangat penting untuk memastikan berfungsinya masyarakat dan setiap aspek kehidupan kita.

Hukum bukanlah ide abstrak yang dapat dan akan melindungi kita ketika kita harus bergantung padanya. Hukum adalah bagian integral dari kehidupan demokrasi. Itu mengatur perilaku kita dan memungkinkan kita secara substansial untuk bertindak sesuai dengan keinginan rasional kita sendiri. Beberapa orang mungkin berpikir hukum itu terlalu ketat di beberapa daerah, tetapi itu berhasil. Hukum memenuhi fungsinya dengan sangat baik dengan mengatur perilaku kita, dan jika tidak? Kita bisa mengubahnya.

Faktanya adalah bahwa hukum merupakan bagian penting dari masyarakat sejak awal, dengan aturan dan batasan hukum dan sosial yang tersirat yang tidak dapat dilintasi. Hari ini, ini adalah jaringan pedoman dan peraturan canggih yang dirancang untuk membentuk kehidupan kita dalam semalam. Tidak ada keraguan bahwa hukum itu penting bagi warga negara dan memiliki dampak mendalam pada kehidupan sehari-hari masyarakat.

Masukan Email Anda untuk Menjadi Visitor Premium